Rilis daftar pemain paling berpengaruh di 2018 World Soccer tidak menyertakan nama-nama pemain Indonesia

World Soccer, sebuah majalah Inggris, telah merilis 500 pesepakbola paling berpengaruh pada 2018. Jelas bahwa nama-nama seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Neymar, Eden Hazzard, Paul Bogba dan Mohamed Salah ada dalam daftar. Beberapa pemain dari benua Asia dimasukkan dalam daftar, termasuk pemain dari Asia Tenggara. Tetapi tidak ada pemain Indonesia yang masuk daftar Sepak Bola Dunia.

Meskipun kata “dunia” seharusnya bersifat universal, karena World Soccer adalah majalah Inggris, adalah normal untuk memiliki lebih banyak pemain dari benua Eropa dalam daftar. Pemain dari luar kawasan Eropa, selain Amerika Latin dan Afrika, jumlahnya sebenarnya hanya sedikit dalam daftar.

Sebagian besar negara di benua Asia hanya memiliki satu pemain yang masuk dalam daftar rilis sepakbola dunia. Jepang telah menjadi negara yang paling banyak diperdagangkan dengan 10 orang, diikuti oleh Korea Selatan dengan lima pemain. Suriah kesal karena berada di tempat ketiga dengan dua pemain, mengalahkan pasukan tradisional di Asia seperti Australia, Cina dan Arab Saudi yang sama dengan kebanyakan negara Asia lainnya, yang hanya mengirim satu pemain.

Untuk Asia Tenggara, hanya tiga negara yang terdaftar dalam daftar Sepak Bola Dunia: Teerasil Dangda (Thailand), Stephen Shrock (Filipina) dan Nguyen Quan Hai (Vietnam).

Jelas, masuknya Nguyen Quan Hai tiba-tiba, karena dibandingkan dengan Dangda yang bisa dikatakan sebagai striker terbaik sepanjang masa Thailand, atau Shrok yang tampaknya menjadi simbol era baru dalam sepakbola Filipina, masih hijau Hai Quan. Striker Ha Noi FC masih berusia 20 tahun.

Penampilan Quan Hai di Piala Asia AFC di bawah 23 tahun ini adalah salah satu alasan utama namanya di Daftar Sepak Bola Dunia. Meskipun gagal menjadikan negaranya pahlawan, kinerja Chuan Hai sangat mengesankan sepanjang turnamen. Pencetak gol terbaik kedua di turnamen ini setelah striker Qatar Muiz Ali.

Hal menarik lainnya adalah tidak ada nama pemain Indonesia di daftar ini. Bahkan Egy Maulana Vikri, yang termasuk dalam daftar talenta luar biasa Guardian, tidak termasuk dalam versi Sepak Bola Dunia ini. Tidak ada nama Bambang Pamugkas, Firman Utina, Febri Hariyadi atau bahkan Terens Puhiri, yang telah dinobatkan sebagai pemain terbaik di dunia.

Ada lima kriteria untuk Sepak Bola Dunia untuk pemain dalam daftar mereka. Dimulai dengan penampilan sepanjang musim 2017/2018, pemain yang berkontribusi signifikan pada kualifikasi negara mereka untuk Piala Dunia 2018, pemain muda yang terlihat luar biasa, pemain sepak bola yang melakukan aksi hebat di luar sepakbola.

Nah, adakah pesepakbola Indonesia yang memenuhi kriteria yang ditetapkan World Soccer? Pembaca yang budiman, mereka sepertinya tahu jawabannya.